Monday, November 28, 2011

BANJIR DI JAKARTA


Saat meninjau banjir di Pondok Labu, Gubernur DKI Fauzi Bowo turut mengadakan sesi tanya jawab dengan warga sekitar. Saat itu ada warga yang menanyakan kenapa Pemprov DKI tidak melakukan sosialisasi mengenai banjir tersebut.

"Pak, banjir ini kok nggak pernah ada sosialisasinya?" tanya seorang warga kepada Foke, sapaan Fauzi Bowo, Senin (31/10/2011).


Foke pun secara spontan langsung menjawab pertanyaaan warga tersebut dan mengatakan "Saya sudah sosialisasi sejak mulai hujan. Ente yang nggak datang. Makanya kalau nggak tahu, jangan ambil kesimpulan sendiri," kata Foke.


Disemprot begitu oleh orang nomor satu di Jakarta tersebut, kontan warga yang bertanya tersebut langsung terdiam.


Foke menjelaskan pihaknya sudah memberikan peringatan kepada warga Jakarta saat hujan sudah mulai turun terus menerus. Pria berkumis ini juga menerangkan kalau untuk mengatasi banjir di Pondok Labu akan dibangun waduk kali Krukut seluas 1,6 hektar.


Untuk itu, tentunya akan ada pemukiman warga yang dibebaskan demi pembangunan waduk tersebut. "Kompensasi pasti ada sesuai peraturan yang berlaku. Solusi untuk mengatasi banjir ini dengan membuat parkir air yakni waduk Kali Krukut," ucapnya.


Sebagaimana diberitakan, jajaran Pemprov DKI melalui Dinas-dinasnya sudah melakukan upaya untuk mengevakuasi korban banjir. Diantaranya dengan menggratiskan biaya berobat bagi korban banjir di empat rumah sakit, sampai mendirikan dapur umum.


Preventif                             : Kita harus membuat atau memastikan semua pengairan dan irigasi berjalan dengan lancar dan menyerukan pada warga agar membuang sampah ditempat yang semestinya
Kuratif                                 : Mengevakuasi warga dari lokasi banjir dan bergotonng royong membuat kanal atau selokan agar air mengalir ketempat yang seharusnya
Rehabilitatif                        : Bergotong royong membersihkan lingkungan sisa-sisa banjir seperti puing-puing reruntuhan yang rusak.
Promotif                             : Mensosialisasikan bahaya banjir dan cara-cara agar tidak terjadi banjir,seperti membuat irigasi yang lebih baik lagi

No comments:

Post a Comment